yang perlu anda siapkan sebelum memelihara ular / hewan extreme lainnya

16 Juli 2015

memelihara hewan extreme seperti ular, kalajengking atau biawak memang lain dari yang lain. seru dan keren. namun memelihara mereka juga perlu persiapan khusus supaya anda lebih memahami dan membuat peliharaan anda nyaman dengan anda. hal hal yang perlu anda perhatikan sebelum membeli adalah :

1. siapkan Dana

anda tentu tidak bisa memebli tanpa dana bukan? hehehe. dana yang dimaksud meliputi berapa harga si hewan, dan berapa biaya perawatannya selama dipelihara. anda juga perlu memikirkan dalam jangka panjang misalnya kebutuhan membeli kandang, dan jika dia semakin besar anda perlu membeli kandang lain yang lebih besar. untuk itu selalu tanyakan kepada penjual seputar apa makanannya dan seberapa besar dia dapat tumbuh sehingga anda sudah mempunyai patokan dimana bisa membeli pakan dan seberapa besar dia tumbuh nanti

2. ketahui "budget" nya

setiap hewan mempunyai harga yang berbeda. untuk hewan yang memiliki kelainan biasanya memiliki harga yang jauh berbeda. sebagai contoh "albino" (warna putih atau kuning) pada hewan normal katakanlah untuk sanca kembang normal baby hanya berkisar 200 hingga 300 rb untuk varian normal namun pada albino harga bisa berkisar 3 hingga 5 juta. kenapa bisa sejauh itu? karena albino adalah ciri genetik yang bisa diturunkan dan bisa dibilang individu spesial maka dari itu harganya lebih tinggi. jangan sampai anda sudah mengidam idamkan albino lalu anda terkejut karena harganya sangat berbeda. ketahui dahulu kisaran harga yang beredar di market. (kalopun budget belum ada anda masih bisa menabung atau mulai belajar memelihara yang normal terlebih dahulu)

3. siapkan mental anda

memelihara hewan extreme pasti memiliki resiko seperti tergigit, dicakar atau disabet. itu lumrah terjadi karena pada dasarnya mereka hewan buas. anda hanya perlu meminimalisasi dengan memilih hewan yang sudah dijinakkan atau dari peternakan biasanya memiliki label CH (captive hatch) atau CB (Captive bred). lalu apa dengan membeli hewan yang sudah dijinakkan / dari peternakan resiko tadi hilang? tidak. insting mereka tetap ada (baiknya anda perlu memahami dahulu sebab sebab gigitan pada lik ini : http://www.aexpi.com/news/10/perbedaan-kenapa-ular-menggigit-pada-ular-jinak-dengan-ular-stress-berat-tangkapan ) anda perlu menguatkan mental anda. pastikan hewan yang anda pilih tidak beracun/berbisa atau jika ada pilih yang rendah (efek ke manusia hanya gatal) karena jika beracun / berbisa tinggi pasti dampaknya fatal dan menyebabkan kematian pada anda !

terkadang anda butuh "ciuman" pertama dari hewan anda untuk lebih memahami apa yang dia butuhkan. posisikan anda yang HARUS mengerti dia, bukan dia yang harus mengerti anda. pasti ada alasan bagi hewan extreme yg jinak untuk melukai anda. mungkin anda mengganggu waktu santainya (anda terlalu sering memainkannya) atau anda lupa cuci tangan atau anda memegangnya terlalu kasar. selalu berfikir positif dan perbaiki hubungan anda

jangan sampai anda memelihara karena ikut ikutan, lalu anda tergigit sekali kemudian anda takut setengah mati lalu anda mentelantarkan dia (tidak merawatnya) yang berujung kepada dia bertambah galak karena tidak anda rawat. bayangkan jika anda di posisinya (betapa sedihnya dia, dan bahasa yang bisa dia katakan kepada anda hanya menggigit karena dia bukan kucing yang bisa mengeong atau kelinci yang suka dielus). jika anda belum siap lebih baik jual kembali atau beri kepada orang yang mau merawatnya. 

sebelum itu terjadi tanyakan lagi kepada diri anda, sudah siapkah mental anda? dengan mengunjungi orang lain yang sudah memelihara / bertemu dengan komunitas yang memelihara hewan tersebut akan semakin meyakinkan anda untuk memilih siap memelihara atau tidak

4. siap hidup bersamanya

restu itu penting. sebelum anda memelihara pastikan dahulu (jika anda berkeluarga) keluarga anda menerima. jangan sampai jika anda sudah membeli lalu dia ditolak di rumah anda sendiri. yakinkan keluarga anda dengan mengajak untuk menemui orang serupa yang juga memelihara, mengunjungi petshop yang menjualnya dan meyakinkan kandag aman dan ada batasan dengan keluarga anda (jika keluarga anda belum bisa menerimanya) dengan begitu ada perasaan "aman" kepada keluarga anda yang mungkin baru mengenali peliharaan seperti ini. jika anda sudah memelihara dan sudah siap dengan segala galanya maka yang perlu anda siapkan lagi adalah siapkah anda hidup (lebih lama) bersamanya ? beberapa pemelihara hewan extreme ada yang memelihara dengan alasan suka, ada pula yang ingin koleksi, atau ada juga yang ingin mengembang biakkan mereka. jika koleksi biasanya anda akan "memutar" koleksi anda (mana yang bosan dijual untuk membeli yang baru) jika anda berniat untuk mengembangbiakkan anda harus sudah merencanakan pasangannya dan persiapan untuk mengembangbiakkannya.

apapun alasannya, dasarilah dari rasa suka dengan begitu anda tidak akan bosan dengannya. kalaupun anda memiliki peliharaan yang lain, saran saya jangan pernah lupakan yang pertama karena jika anda tidak memelihara dia terlebih dahulu anda tidak akan seperti sekarang :)

rawat mereka dengan kasih sayang maka taring dan cakar mereka akan lembut kepada anda smile